www.SAP.or.id

uk English Page


GC-8, MacBook Pro, Chord Qutest, Gryphon and B&W803
Uji Coba Lain

Ke  Ground Conditioner

Ke Laman Utama


Uji caba Ground Conditioner GC-8 ini sebernarnya saya lakukan pada hari yang sama dengan uji coba DEMAGNITIZER di rumah kawan saya Mr. CB,  link nya adalah berikut ini.  http://www.sap.or.id/Demag_B&W_803.html
Namun karena produk yang dicoba adalah berbeda maka secara khusus uji coba GC-8 saya bahas tersendiri di halaman ini agar bahasannya bisa fokus.

System audio Mr. CB pada dasarnya sangat sederhana karena hanya terusun atas 4 buah peralatan yaitu :

Source                                : MacBook Pro 2010
DAC                                    : Chord Qutest
Integrated Power Amp     : Gryphon Diablo 300
Speaker                             : B&W 803
Tanggal Uji coba                : 29 May 2019, sekitar jam 15.00-19.00

Konfigurasi pemasangan GC-8 pada system Mr.CB bisa anda lihat pada gambar di bawah ini :

CB Config

Peyambungan GC-8 pada system Mr. CB, kami lakukan satu persatu mulai dari sambungan pada Chord Qutest DAC, Gryphon Diablo, B&W803 dan pada ahirnya pada MacBook Pro.
Setiap sambungan channel GC-8 pada system  pada dasarnya selalu memberikan peningkatan signifikan pada  kualitas suara, dalam hal detail, depht, sound stage, dan juga hilangya suara kasar yang sering muncul pada suara penyanyi. Namun penyambungan GC-8 pada peralatan yang berbeda dalam system Mr. CB memberikan tingkat kontribusi yang berbeda pada peningkatan kualitas suara.
Kami mencatat bahwa sambungan channel GC-8 ke Chord Qutest DAC dan MacBook Pro adalah yang paling memberikan peningkatan kualitas suara yang terbanyak, kemudian diikuti oleh sambungan Channel GC-8 pada Gryphon Diablo 300 dan B&W 803.

Karena  masih banyak channel yang tersisa pada GC-8 maka  Mr. CB memasang dua channel GC-8 pada dua input BNC pada Quitest DAC.

MacBook Pro terhubung ke Qutest DAC melalui optical USB cable, karena menggunakan jalur optik,  pada awalnya saya berasumsi bahwa penggunaan GC-8 pada MacBook Pro tidak akan memberikan hasill yang positif, karena jalur sinyal digital optical memang dikenal sangat kebal terhadap gangguan noise.  Namun setelah GC-8 terhubung pada MacBook pro via USB  port, kami terkejut karena ternyata masih bisa mendapat peningkatan  kualitas suara yang cukup signifinkan.
Asumsi saya mengenai situasi ini adalah bahwa walaupun jalur digital optic kebal terhadap noise, namun sinyal optic tidaklah muncul dari awal sinyal digital dihasilkan, akan tetapi poda awalnya sinyal digital pada MacBook ataupun pada  player digital lainnya adalah dihasilkan dalam bentuk sinyal listrik yang masih bisa terkena interfensi noise dari  jalur ground, sehingga pembersihan  jalur ground pada laptop ataupun pada digital player masih bisa memberikan peningkatan kualitas suara, walaupun pada ahirnya menggunakan jalur optic untuk mengirim sinyal.


CB GC8




Macbook Pro  
MacBook Pro


MacBook connection  
Connection at MacBook Pro USB port


  Chord Connection
Chord Qutest DAC and its connection to GC-8 Channel



diablo 300
Gryphon Diablo 300


BW803
B&W 803



AA CB
All System