www.SAP.or.id
Contact Info


Hybrid Mic Preamp




Project  hybrid microphone preamp ini saya kerjakan atas peirmintaan rekan saya Mr. Malion. Dalam project microphone preamp adalah pertama kali saya menggunakan tabung pentode sebagai penguat tegangan,  selama ini pada project saya yang berhubungan dengan tabung audio saya selalu menggunakan tabung triode.

Micpre_Front




Circuit
Jangan tanyakan pada saya dari mana saya mendownload skema rangkaian Hybrid Mic Preamp ini, karena 100% Mic Preamp ini adalah asli rancangan saya sendiri.
Skema rangkaian mic preamp dan power supply nya bisa dilihat pada gambar berikut.
Toplogi dari rangkaian mic preamp ini adalah fully balance, seluruh rangkaian dari input sampai output bekerja dalam konfigurasi balance
Sebagai tingkat awal saya menggunakan LM833 dalam mode differential amplifier. Tingkat penguatan kedua adalah rangkaian penguat tabung dengan tabung 6AK5 yang bekerja dalam mode pentode, dan pada tingkat ahir saya menggunakan emitter follower dengan transistor NPN MJE340.
Secara keseluruhan mic preamp ini memiliki gain sekitar 750x (57,5 dB), dengan gain sebesar ini maka noise yang ada pada input akan sangat diperkuat ketika sudah muncul di output, oleh karena itu noise pada input haruslah dibuat sekecil mungkin, untuk alasan ini maka saya menggunakan Op Amp pada tingkat awal. Berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapat ketika merancang phono stage, memang sulit mendapatkan noise yang minimal ketika merancang sebuah penguat dengan gain yang sudah mencapai angka ratusan dengan menggunakan tabung. Penguatan dari input differential dengan Op amp ini bisa di adjust mulai dari sekitar 2x sampai 12,5x melalui potesiometer gain.
Tingkat penguatan kedua dari mic preamp ini menggunakan tabung pentode 5654 (equivalent 6AK5)  ini adalah kali pertama saya menggunakan tabung 5654/6AK5, dan pemilihan tabung 5654 ini adalah sepenuhnya permintaan dari Mr, Malion.
Saya juga melengkapi rangkaian penguat 5654 ini  dengan switch untuk memilih apakah tabung 5654  hendak beroperasi dalam koneksi pentode ataupun triode agar pengguna dari mic preamp ini punya variasi untuk menemukan perbedaan karakter suara ketika menggunakan mic preamp ini.
Dan sebagai tingkat ahir dari mic preamp ini mau tidak mau saya harus menempatkan sebuah buffer agar gain dari mic preamp ini tidak drop ketika dihubungkan ke mixer yang saya asumsikan memiliki impedansi input umumnya 47kohm. Karena impedansi output dari rangkaian penguat 5654  adalah sekitar 100kohm dan impendansi input dari mixer yang saya asumsikan umumnya sebesar 47kohm, maka total gain akan drop menjadi hanya sepertiga dari nilai awal kalau output dari 5654 langsung saya sambung ke mixer, maka saya memutuskan untuk menempatkan  emiter follower MJE340 sebagai buffer.

Micpre
 

Pada bagian power supply saya tidak menerapkan rangkaian rangkaian  khusus yang biasa saya gunakan yang  walaupun berkualitas sangat baik namun rumit dan perlu pengetahuan tentang matching komponen,  tetapi saya hanya menggunakan rangkaian rangkaian yang tidak rumit dan mudah dirakit namun tetap berkualitas baik.
Tabung 5654 dalam rangkaian mic preamp ini membutuhkan tegangan kerja sekitar 186VDC dan rangkaian power supply tegangan tinggi yang saya gunakan adalah rangkaian power supply tegangan tinggi dengan diode zener sebagai referensinya dan diumpan ke capacitance multiplier dengan transistor bipolar MJE340, dan pada bagian ahir dari power supply tegangan tinggi ini saya menempatkan low pass filter orde 1 secara split untuk kedua buah tabung 5654 agar tidak ada saling interferensi dari masing masing tabung.
Sebagai power supply untuk Op amp saya menggunakan regulator IC simetris yang sangat umum yaitu 7815 dan 7915.
Saya merangkai kedua heater dari 5654 secara seri sehingga power supply untuk heater ini membutuhkan tegangan 12,6VDC dan untuk keperluan ini saya menggunakan regulator tiga kaki 7812 yang tegangan keluarannya dioffset sebesar 0,6V dengan bantuan diode IN4007 agar menghasilkan tegangan sebesar 12,6V
Dan untuk phantom power supply 48V saya menggunakan IC LM317 yang dibantu oleh low pass filter pada outputnya.


PSUMIC 1


PSU Mic2
 
 


Modul Hybrid
Modul Hybrid Mic Preamp



5654

5654 (Eq. 6AK5)


Halaman ini masih dalam proses pengerjaan dan masih banyak informasi yang belum dimasukkan.



Kembali ke halaman utama