www.SAP.or.id


Ke Power 15n
Uji Dengar Lain

Power 15n & Nottingham Analoque Spacedeck

NH1

Ini  adalah uji dengar kedua  yg saya lakukan untuk mengetahui performa Power 15n.  Nottingham Analaque sejauh yg saya tau adalah Turntable yg memiliki kualitas suara yg sangat bersih atau  audiophille sering menggunakan istilah quiet untuk mengekspresikan kualitas  ini.  Dalam berbagai diskusi  socmed ataupun bacaan dari majalah audio  maupun juga diskusi dengan rekan2 yg sangat familiar mensetting turntable, sering saya menemukan opini yg berkaitan dengan karakte  motor dari turntable  sbb :
1.  Turntable dengan Motor DC memiliki suara yg lebih halus namun kurang dinamik.
2. Turntable dengan motor AC memiliki suara yg lebih dinamik dibandingkan dengan motor  DC
3. Turntable dengan motor AC lebih stabil dalam hal putaran dibandingkan DC, karena putaran  pada motor AC sangat tergantung pada frekuensi litrik yg disupply       ke turntable dan lebih mudah meregulasinya daripada meregulasi speed pada motor DC, karena pada motor DC diperlukan teknik pengendalian speed yg lebih
     rumit dan cenderung tidak stabil, serta sulit direparasi kalau mengalami kerusakan.
4. Sedikit mengurangi tegangan supply ke motor turntable bisa memperhalus suara.
5. Turntable yg memiliki motor lebih  besar, akan membutuhkan daya listrik lebih banyak dan cenderung bersuara lebih kasar, daripada turntable dengan motor
    lebih kecil yg membutuhkan daya listrik lebih kecil
6.  Dll

Dari semua opini yang saya sebutkan di atas, yang sudah pernah saya buktikan kebenarannya sebelum  uji dengar ini saya lakukan adalah yg No 1 sampai No 4
Untuk oponi No 5 baru pada kesempatan uji dengar inilah baru bisa saya buktikan kebenarannya. Motor dari Nottingham Analogue Spacedeck  membutuhkan daya listrik yg relatif rendah, mungkin tidak sampai 2W, untuk menyalakan turntable ini pertama kali kita harus membantu mendorong platter dengan tangan sebagai bantuan untuk start up, hal ini bagi saya adalah suatu yang masuk akal, karena  motor dari turntable ini memiliki daya rendah sehingga butuh tenaga dorongan dari luar untuk memulai putarannya.
Dan memang faktanya berdasarkan penilaian subjectif saya (silahkan beda pendapat) suara  dari Spacedeck ini memang sangat bersih, tidak terdengar adanya suara  kasar yg menyebabkan kejenuhan telinga ("Ear Fatique" kalo  tidak salah) akibat vibrasi motor yg besar.
Dalam uji dengar kali ini  yg menjadi pembanding Power 15n bukanlah listrik dari PLN, melainkan power generator impor buatan USA yg sudah sangat terkenal, untuk mudahnya saya menyebut power generator impor tsb sebagai Power Generator  brand  "X".

Prosedur yg kami lakukan dalam uji dengar ini adalah prosedur yg sangat lazim, yaitu sebagai awalan kami memainkan dulu turntable dengan listrik yg disupply dari power generator "X" kemudian supply listrik dari power generator X diganti dengan Power 15n
PH yang kami gunakan dalam uji dengar ini ada beberapa buah dan semuanya adalah produksi dari perusahaan rekaman yg sudah teruji reputasinya yaitu OPUS record, dan saya yakin para pecinta analog yg  memiliki jam terbang tinggi  pasti sudah tahu kualitas rekanan dari perusahaan ini, namun sayang sekali saya lupa memotret cover dari PH tsb.

Setelah bolak balik membandingkan copot pasang turntable  dengan Power15n dan dengan power generator X,  saya dan tuan rumah berpendapat bahwa Power 15n menghasilkan suara yg lebih baik dalam hal :
1. Suara lebih bersih karena kesan adanya kabut suara hilang
2. Detail tiap instrument lebih jelas
3. Sound stage dan dept menjadi lebih luas,
4. Dll

Tuan rumah Mr. N  sudah sangat meyakini bahwa kualitas suara yg dihasilkan dengan supply listrik  dari power generator X adalah lebih bagus dari pada supply listrik dari PLN,  sehingga kami bisa mengambil kesimpulan bahwa kalau  supply listrik dari Power 15n dibandingkan dengan supply listrik dari PLN maka Power 15n sudah pasti akan lebih unggul telak.
Memperoleh fakta bahwa kualitas supply listrik  dari Power 15n  adalah lebih bagus daripada power generator X, tentunya adalah sebuah sukacita buat saya, akan tetapi ada sukacita lain yang saya dapat dari uji dengar ini yg ingin saya bagikan pada anda yang membaca tulisan ini, yaitu pada kesempatan ini Mr. N  juga menyuguhkan saya secangkir kopi Mandailing.  Terus terang saya baru pertama kali mencicipi kopi Mandailing, dan menurut saya kualitas rasa dari kopi Mandailing yg disuguhkan Mr. N memang juga luar biasa dan tidak terlupakan bagi saya.

System yg digunakan :
Turntable        : Nottingham Analoque Spacedeck, Tone arm wire sudah diupgrade ke Audio Note Silver wire
Catridge          :  Shelter 9000 MC
Phono Preamp  : Conrad Johnson Premier Fifeteen
Preamp            : Tubelover dengan tabung 26
Poweramp        : Tubelover dengan tabung 10Y
Speaker          : Lowther
Tanggal Uji      : 15 Agustus 2015, sekitar jam 14.00 - 16.00


NH2
  Power 15n, sedang berjuang


NH3
Nottingham Analoogue Spacedeck


NH4



NH5
Conrad Johnson Premiere Fifeteen, Phono Preamp

NH6
Tubelover Preamp 26

NH7
Tubelover 10Y Preamp

NH8
System Lengkap


Balik ke laman utama

Balik ke Power 15n