www.SAP.or.id

SC34MB



SC34MB_1A


SC34MB adalah rancangan power amplifier tabung monoblok saya yang pertama. Pembuatan SC34MB terinspirasi  oleh kenyataan sehari hari yang saya temukan, yaitu bahwa  daya sekitar 2x30 Wpc adalah terlalu minim untuk kebanyakan aplikasi stereo.
SC34MB menggunakan konsep disain  hybrid yaitu menggunakan transistor sebagai driver dan tabung pada output stage nya.
Setidaknya ada 2 buah produk yang juga ikut memberikan saya insprirasi dalam merancang SC34MB yaitu Aleph 3 dari Passlabs
http://www.passlabs.com ) dan juga VK600 dari BAT ( http://www.balanced.com ), dimana baik Aleph maupun VK600 adalah sebuah amplifier yang hanya terdiri dari 2 gain stage saja.
Dengan hanya menggunakan 2 gain stage maka kedua produk tersebut memiliki suara yang natural, berbeda halnya dengan kebanyakan  amplifier yang bisa memiliki 6 sampai 7  gain stage.
Selain itu saya juga menambahkan 2 fitur penting pada SC34MB ini yaitu fasilitas auto bias dan switch pilihan operasi Class A ataupun AB. Dimana pada Class A SC34MB bisa menghasilkan daya keluaran 40W sedangkan pada Class AB daya bisa mencapai 100W.


Mengapa Harus Hybrid
Jika merancang power amplifier tabung dengan daya sampai 100W atau lebih dan harus full tube, maka mau tidak mau rangkaian dari amplifier ini harus terdiri dari 3 gain stage atau lebih, karena untuk mendrive 4 buah tabung,  driver tidak hanya harus menyediakan tegangan yang cukup bagi tabung output, melainkan juga harus menyediakan arus yang relatif lebih besar dibandingkan ketika mendrive hanya sepasang tabung.
Sedangkan dengan menggunakan transistor sebagai  driver maka saya bisa menghemat 1 gain stage pada rancangan ini sehingga menjadi hanya 2 gain stage saja. Semakin sedidikit jumlah gain stage maka berbagai bentuk gangguan ataupun coloration yang merugikan akan bisa dihindari.


Konstruksi SC34MB
SC34MB dibangun atas dasar konsep sebuah penguat dengan 2 buah gain stage, yaitu driver stage sebagai gain stage pertama dan output stage sebagai gain stage yang kedua.
Ada sangat banyak penyempurnaan dari SC34MB dibandingkan dengan SC34 yang terdahulu, seperti penggunaan catu daya terpisah untuk driver stage dan output stage, penggunaan rangkaian auto bias untuk membuah arus yg mengalir pada setiap tabung menjadi sama persis, sehingga arus biased menjadi selalu stabil walaupun umur tabung bertambah tua. Selain itu auto bias juga menghindari trafo output mengalami saturasi karena berbedanya arus yang mengalir melalui masing2 tabung.

SC34MB_2

Fitur SC34MB
1. Hanya 2 gain stage
2. Hybrid
3. Autobiased
4. Pilihan operasi Class A atau AB
5. Multitap Power Transformer
6. Power supply teregulasi dan berimpedansi output rendah serta low noise.
7. DC Heater
8. RCA & XLR Input
9. Zero Feedback
10. Star Grounding


Spesifikasi :
Daya Keluaran        : 100W Class AB, 40W Class A ( 8/4 ohm)
Impedansi Input     : 22k RCA/44k XLR
Sensitifitas Input   : 1.5Vrms/100W

Bandwidth              : 20 - 65000  Hz
Dimensi                  :
Berat                     : App. 30kg/channel
Konsumsi Daya        : 200W/Channel ( Class A),  125W/Channel ( Class AB)
Input                     : RCA dan XLR
Tube                      : 4 buah EL34/channel
 
Uji Dengar :
Foto uji dengar belum tersedia saat ini, namun saya sudah mencoba SC34MB ini setidaknya dengan tiga buah speaker yaitu :
ATC SCM19
                    :  http://www.atc.gb.net/scm19.htm
Neat Acoustic MF7          :  http://www.neat.co.uk/p_pages/mf7.php
Rega RS1                         :  http://www.rega.co.uk/html/RS1.htm

Semua uji dengar tersebut memberikan hasil yang memuaskan, terutama ketika mendrive ATC SCM19 yg memiliki Sensitifitas : 85db, ternyata SC34 tidak kesulitan mendrive speaker tsb.

Kembali Ke Halaman Utama