www.SAP.or.id

Demagnetizing JADIS JA200 Monoblock Power Amplifier

English Page
UK

Ke DEMAGNITIZER

Video


Demag2

Demag JP200

Pertama tama saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada kawan saya Mr. MPC yang telah mengijinkan saya untuk melakukan uji coba DEMAGNITIZER rancangan saya pada system audio miliknya pada tanggal 13 Pebruary 2019
 
System Mr. MPC terdiri atas :

CD/SACD Transport    : dCS Paganini
Master Clock                :  dCS Paganini
Upsampler                    : dCS Paganini
DAC                               : dCS Paganini
Power Amp                   : Jadis JA-200
Speaker                        :  B&W 802
Date of Trial                : Feb 13th 2019 sekitar jam 16.00-18.00

Pada uji coba kali ini saya berfokus pada  monoblock power amp Jadis JA-200, karena Jadis adalah salah satu produk amplifier tabung yang saya sukai.
Proses demagnetisasi saya lakukan pada tabung dan power transformer dari JA-200.  Interval waktu pada DEMAGNITIZER saya set pada 120S atau 2 menit. Sebelum melakukan demgnetisasi terlebih dahulu saya mendengarkan karakter suara dari system Mr. MPC dan berusaha mengingatnya dengan sebaik mungkin, baru kemudian melakukan demagnetisasi, dan pada ahirnya mendengarkan ulang suara dari system Mr. MPC.

Sama halnya dengan hasil yang saya dapat ketika melakukan demagnetisasi pada  amplifier tabung milik kawan saya yang lain yaitu milik Mr. N (klik disini untuk link nya) , maka setelah demagnetisasi dilakukan maka suara dari system menjadi lebih detail, depth dan sound stage menjadi lebih dalam dan lebar, serta nada bass terdengar lebih punch.
Namun ada satu hal berbeda yang saya temukan  pada uji coba kali ini yaitu berkurangnya ambient noise dari power amp tabung JA-200 ini. Mr. MPC sudah menggunakan power tabung JA-200 ini sejak tahun 2010, berarti sampai saat ini sudah memasuki tahun ke 10, dan sampai saat ini tabung power yang digunakan belum pernah diganti.  Saat pertama kali saya tiba dan mendengarkan suara power tabung ini saya menemukan adanya ambient noise/hiss yang cukup besar dan bisa terdengar dari jarak 2 meter.
Saya cukup terkejut karena setelah proses demagnetisasi dilakukan, ambient noise menjadi sangat jauh berkurang sehingga tidak dapat terdengar lagi dari jarak 2meter.


Video

Demag JA200 tube

Demag JA200 Power Transformer


JP 200 PTrans
Demag JA200 Power Transformer


JP200 MPC
JADIS JA200 Monoblock Power Amp


Paganini
dCS Paganini system






BW MPC
B&W 802


All MPC