www.SAP.or.id


Contact Info

Click here for English page
Flauk

8 Channel Ground Conditioner
(GC-8)


Front_AGC_Home


What is
What is ground
Why ground must be clean
How does it work
Active or Pasive
Feature
How to connect
Example App

Inspiring Product


What is
8 Channel Ground Conditioner adalah alat yg saya kembangkan untuk tujuan menghilangkan noise yang ada pada jalur ground dari sound system.  Ground conditioner sebenarnya sudah lebih dahulu populer dengan nama Ground Box, saya memberi nama Ground Conditioner agar produk ini memiliki diferensiasi dibandingkan dengan produk sejenis lainnya, selain itu dalam bidang audio ground conditioner ada  dua jenis yaitu aktif dan pasif, dan Ground Conditioner yang saya kembangkan ini adalah dari jenis aktif.


What is Ground
Dalam bidang kelistrikan ground adalah titik referensi, atau titik  acuan untuk menyatakan nilai tegangan dalam suatu tempat pada rangkaian electronik.
Sebagai contoh,  jika suatu titik dalam rangkaian disebutkan memiliki nilai tegangan 10V, maka artinya titik tersebut memiliki nilai tegangan 10V relatif terhadap ground dalam rangkaian di mana titik tersebut berada


Why ground must be clean
Titik ground dalam suatu rangkaian harus  benar benar bersih, karena jika ground sebagai acuan nilai tegangannya kotor maka nilai tegangan dalam tiap titik  pada rangkaian dimana ground berada juga akan ikut berubah ubah.
Ketika dua rangkaian electronic tersambung, dimana rangkaian yg satu bertindak sebagai pemberi sinyal dan yang lain adalah penerima sinyal, maka titik ground adalah titik yang menjadi pijakan bersama dari dua rangkaian ini, dan jika salah satu atau kedua ground dari rangkaian ini kotor dan tidak stabil maka nilai tegangan sinyal listrik yang dikirim juga tidak akan stabil dan ahirnya mengalami distorsi.
Sebagai contoh dari penjelasan di atas adalah titik ground dari CD Player dan Preamp dalam system home audio atau titik ground dari Head Unit dan Processor dalam system car audio. Jika salah satu atau kedua titik ground pada pasangan di atas kotor,  maka  pada ahirnya sinyal yang dikirim akan menjadi terdistorsi dan pada ahirya akan menjadi semakin rusak setelah dikuatkan oleh preamplifier dan dikirim ke power amplifier.


How does it work
Ground Conditioner yang saya kembangkan bekerja dengan cara mendeteksi kemunculan noise  yang ada pada tapping point, jika ada noise muncul, maka Ground Conditioner akan mengirimkan tegangan listrik untuk menghilangkan noise tersebut.
Yang dimaksud Taping point adalah titik pada rangkaian yang terhubung pada channel dari ground conditioner.


Active or Pasive
Dalam dunia audio dikenal dua jenis ground conditioner yaitu jenis aktif dan pasif. Ground Conditioner yang saya kembangkan adalah dari jenis aktif. Pilihan untuk mengembangkan jenis aktif adalah karena  ground conditioner jenis aktif memiliki kemampuan meredam noise pada ground dalam spectrum frekuensi yang jauh lebih luas daripada yang bisa dilakukan oleh ground conditioner dari jenis pasif.
Dimanapun tempatnya noise memiliki spectrum frekuensi yang luasnya tidak terbatas, dan ground conditioner jenis pasif hanya mampu meredam noise dalam spectrum frekuensi yang terbatas, sehingga masih banyak spectrum frekuensi noise yang terlewatkan yang tidak bisa diredam oleh ground conditioner jenis pasif.


Feature
Selain memiliki kemampuan meredam noise dalam spectrum frekuensi yang lebih luas, Ground Conditioner yang saya kembangkan juga memiliki fitur lain yang tidak dimiliki oleh produk sejenis lainnya terutama yang dari jenis pasif yaitu
* Dimensi casing yang lebih kecil
* Harga yang lebih kompetitif
* Memiliki 8 output sehingga dapat menjangkau  8 titik ground berbeda yang ada dalam  
   system audio, baik home atau car.
* Tersedia dalam versi untuk home audio maupun car audio.


How to connect
Output dari GC8 Ground Conditioner bisa dihubungkan ke target unit melalui kabel RCA atau USB yang hanya tersambung pada sisi ground nya saja, dan sebagai entry point pada peralatan adalah terminal female RCA atau USB yang tidak terpakai.



Example App
Gambar konfigurasi system di bawah ini adalah sebuah contoh aplikasi dari Ground Conditioner, system ini memanfaatkan seluruh 8 channel yang tersedia pada Ground Conditioner.

For Home Audio
System_Home


For Car Audio
System Car


Rear_AGC_Home

Inspiring Product
Ada beberapa produk Ground Conditioner/Box yang memberikan saya inspirasi untuk ikut terjun dalam bidang ini, dan  produk inii juga berguna bagi anda sebagai perbandingan.

Type Pasif
Setchi Ground Box dari Taiko
Entreg Ground Box

Type Aktif
GNR V3.1 dari Telos
Active Block dari Synergistic Research


Ke Laman Utama