Klik disini untuk Power 180


www.SAP.or.id


Contact Info

 Linear Power Supply untuk Wadia 171i Transport


ComingSoon2


Wadia 171i adalah generasi  yang lebih baru dari ipod dock buatan Wadia, pada generasi produk sebelumnya Wadia memproduksi Wadia 170i.  Baik 170 maupun 171i mendapat respon yang bagus dari pasar, terbukti dengan cukup banyaknya jumlah unit yang terjual.
Wadia adalah salah satu ikon dalam bidang audio digital, produk produk Wadia memang diakui memiliki kualitas suara yang sweet. Pengalaman pertama saya dengan produk Wadia adalah dengan Wadia 302 dan 861SE, yaitu sekitar tahun 2005 dimana saya sempat mencoba kedua produk ini dengan power generator rancangan saya yaitu
Power 90 ( http://www.sap.or.id/Power_90.html ).

Bagi penggemar musik dengan pengalaman mendengar  dalam kategori awam, fasilitas yang diberikan oleh Wadia 171i mungkin sudah sangat memadai untuk mendengar musik, namun beda halnya bagi pendengar musik yang sudah masuk dalam kategori audiophille. Seorang pendengar musik yang sudah masuk dalam kategori audiophille dan sudah punya dasar yang cukup mengenai elektronika catu daya, pasti akan merasakan ganjalan besar dalam  hatinya ketika membuka dus dari Wadia 171 dan menemukan bahwa 171i menggunakan power supply switching.  Karena seorang audiophille yang mengerti elektronika pasti akan mengharamkan penggunaan power supply switching dalam system nya,

Swtiching Power Supply Vs Linear Power Supply
Dalam kehidupan banyak sekali kita bisa menemukan dua hal yang saling berlawanan  namun masing masing hal tersebut bisa bermanfaat bagi kehidupan sejauh  kita bisa memanfaatkannya  dengan bijaksana  sesuai dengan kebutuhan kita.
Ada siang ada malam, ada garam ada gula, ada panas ada dingin, dll.
Dalam bidang audio kita bisa menemukan ada digital ada analog, ada tabung ada transistor, ada CD ada turntable, dll
Dalam bidang power supply kita bisa menemukan power supply switching dan power supply linear.
Secara singkat perbedaan karakter power supply switching dan linear bisa anda lihat pada tabel berikut :

Spesifikasi
Switching Power Supply
Linear Power Supply
Efisiensi
Tinggi
Sedang - Rendah
Dimensi
Lebih kecil daripada Linear
Lebih besar daripada Switching
Harga
Lebih murah
Jauh lebih mahal
Impedansi Output
Tinggi
 Lebih rendah daripada switching
Noise
Tinggi
Rendah-Sangat rendah

Seperti yang bisa anda lihat pada tabel di atas, spesifikasi dari switching dan linear power supply adalah sangat berlawanan, akan tetapi kita tidak bisa mengatakan bahwa yang satu lebih baik daripada yang lain, mana yang lebih baik diantara keduanya adalah sangat tergantung pada aplikasinya. Ada aplikasi teknik dimana pemakaian power supply switching lebih tepat daripada power supply linear dan juga sebaliknya.

Khusus untuk aplikasi audio berkualitas tinggi atau high end, linear power supply adalah pilihan yang terbaik karena memiliki noise yang rendah dan impedansi keluaran yang rendah. Dalam aplikasi audio, noise adalah sesuatu yang sangat tidak disukai, dan impedansi keluaran yang rendah adalah suatu karakter yang bisa membantu perangkat audio bisa menghasilkan performa yang baik.


Power Supply Linear untuk Wadia 171i
Membuat power supply DC atau yang juga umum disebut adaptor dengan kualitas asal bunyi atau asal nyetrum,  sebenarnya bukanlah hal yang sulit, tidaklah diperlukan seorang sarjana ataupun expert dengan keahlian khusus untuk membuat power supply, murid SMP juga sudah bisa melakukannya, akan tetapi kalau targetnya adalah sebuah power supply untuk aplikasi high end dengan kualitas super, ceritanya akan sangat jauh berbeda. Karena ada banyak keahlian dan pengetahuan yang diperlukan dalam mencapai kualitas tersebut.
Sebenarnya untuk membuat power supply DC ada banyak IC power supply DC yang bisa langsung kita gunakan dan harganyapun sangat murah serta ukurannya kecil.
Namun power supply IC yang sudah jadi belum mampu menghasilkan kualitas yang terbaik untuk tujuan reproduksi suara high end, karena respon frekuensi dinamik dan juga rasio penolakan ripple/noise serta beberapa karakter lain dari power supply tersebut belum memadai untuk reproduksi suara high end.

Power supply linear  untuk Wadia 171i ini saya buat dalam konfigurasi discreet atau menggunakan komponen terpisah yang kemudian satu persatu digabungkan.

Dengan konfigurasi discreet ada beberapa keunggulan penting yang bisa dicapai yaitu
1.  Stabilitas temperatur, karena komponen2 dalam rangkain power supply tidak berada dalam satu kemasan seperti halnya pada IC power supply, maka panas yang    
    terjangkit pada output transistor tidak bisa merembes ke bagian referensi tegangan dan mempengaruhi stabilitas tegangan.
2. Supply tegangan untuk bagian output dan  bagian driver, bisa dibuat terpisah dari gulungan sekunder trafo yang berbeda, sehingga tidak saling menggangu.
3. Karena tersusun dalam konfigurasi discreet maka bisa memilih komponen berkualitas terbaik untuk menyusun power supply linear ini, pada IC  supply tidak ada
    improvement yang bisa dilakukan karena sudah berada dalam satu kemasan.
4. Trafo penurun tegangan untuk power supply ini juga saya gulung dengan konfigurasi tertentu agar memiliki bocoran medan magnet yang seminimal mungkin.
5. Elko penyearah yang saya gunakan dalam power supply ini memiliki nilai yang besar, untuk menjamin agar noise dari PLN terhubung singkat ke ground sebelum bisa
     menjangkau rangkaian. 

Uji Dengar

Uji dengar saya lakukan di rumah rekan yang meminta saya untuk membuatkan power supply linear  untuk Wadia 171i

System yang digunakan :
Sumber                    : Ipod touch
Dock                        : Wadia 171i Transport
DAC                         : Audio Logic 34MXL
Preamp                     : Passive Preamp Audio Synthesis, type Passion
Power  Amplifier       : Air Tight ATM300
Speaker                    : Tannoy Kensington
Power  Distributor    : Furutech
Rak                          : Finite Elemente Pagode
Tanggal Pengujian       : 5 Maret 2012

PSU 171i
 Linear Power Supply, Wadia 171i dan Ipod touch



DAC Pre

Audio Logic DAC 34MXL dan Passive Preamp Audio Synthesis Passion




All Test

System Lengkap


Ketika saya berangkat dari rumah saya menuju ke tempat rekan saya ini,  pada dasarnya saya sudah memiliki keyakinan bahwa Power Supply Linear buatan saya ini akan memberikan peningkatan, namun saya memprediksi bahwa  peningkatan yang akan dicapai paling paling hanya dalam tingkat yang hanya bisa dibilang lumayan saja.
Dasar dari asumsi ini adalah karena output  Wadia 171i ini adalah  sinyal digital yang akan diumpan ke DAC, dan sinyal digital secara teori memiliki kekebalan yang tinggi terhadap gangguan, lain halnya dengan sinyal analog. Dan memang berdasarkan  pengalaman saya selama beberapa tahun terahir ini saya selalu menemukan bahwa peningkatan kualitas suara yang diakibatkan oleh  peningkatan kualitas supply listrik pada CD Player yang mengeluarkan sinyal analog,  selalu lebih baik dibandingkan pada CD Transport yang mengeluarkan sinyal digital.
Atau dengan kata lain sumber sinyal musik dengan output digital lebih kebal terhadap gangguan supply listrik dibandingkan dengan sumber sinyal musik yang mengeluarkan sinyal analog.
Sebagai langkah awal dari uji dengar ini, kami memainkan Ipod dengan menggunakan power supply orsinil bawaan Wadia 171i, lalu dengan serius kami mendengar dan mengingat kualitas suara yang dihasilkan oleh Wadia 171i dengan bantuan power supply switching orsinil bawaan dari Wadia 171i.
Setelah beberapa menit kemudian, kami mengganti power supply orisinil Wadia 171i tersebut dengan power supply linear buatan saya, dan hanya dalam waktu beberapa detik saja kami sudah dibuat terkejut oleh peningkatan kualitas suara yang dihasilkan oleh Wadia 171i setelah dibantu oleh power supply buatan saya. Peningkatan kualitas suara yang terdengar sangatlah drastis, dan rekan saya menyatakan rasa puasnya oleh performa yang dihasilkan oleh power supply buatan saya ini.
Beberapa aspek yang bisa saya jelaskan sebagai peningkatan kualitas suara  adalah sbb :
* Detail, suara dari system yang sebelumnya terdengar berkabut seolah ada kain tirai menutupi speaker, kini menjadi bersih, seolah kain tirai yang tadinnya menutupi
     speaker kini telah digeser.
* Bass, suara bass yang sebelumnya terdengar tidak kontrol ( biasa disebut blobor), kini menjadi tight
* Dept, kumpulan suara musik yang sebelumnya mengumpul jadi satu seolah para  pemusik bermain dalam jarak berdekatan, kini menjadi jelas terdengar separasinya,
     bisa dengan mudah didengar dimana letak masing masing pemain musiknya


Spesifikasi Linear Power Supply untuk Wadia 171i
Dimensi
PxLxT = 20x16x10 cm
Berat
App. 3kg
Tegangan Keluaran
9 VDC
Arus Keluaran
3 ampere

Jika membutuhkan arus dan tegangan yang berbeda silahkan menghubungi kami
Artikel ini ada pada link :  http://www.sap.or.id/PSU_Wadia171i.html


Kembali ke halaman utama