www.SAP.or.id

Contact Info

Spesifikasi
Uji Dengar
POWER 180


Front2


Power180 Front



Klik disini untuk melihat  Power 15n, Turntable Motor Power Supply 

Power 180 adalah Output Transformerless Linear Power Generator.
Power 180 menghasilkan daya keluaran sebesar 180watt dalam bentuk tegangan listrik sinus murni sehingga memadai untuk mensupply listrik berkualitas tinggi ke seluruh front end dalam sebuah sound system yaitu mulai dari CD, Preamp, dan DAC.
Power 180 memiliki struktur yang sangat mirip dengan Power 90 yaitu AC DC AC converter tanpa output transformer, yaitu sebuah alat yang mengubah masukan tegangan listrik AC yang kotor kemudian mengubahnya menjadi tegangan DC dan pada ahirnya tegangan DC ini diubah  lagi menjadi tegangan AC yang sangat bersih, sehingga bisa membantu sound system anda bekerja secara maksimal.
Namun Power 180 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Power 90 yaitu dalam hal
1. Tegangan keluaran dan frekuensi dari Power 180 sangat stabil, karena Power 180 sudah menggunakan osilator  berbasis mikroprosesor dengan  resonator crystal.
2. Efisiensi dari Power 180 jauh lebih baik dibandingkan Power 90, sehingga bekerja dalam keadaan lebih dingin.
3. Power 180 memiliki tegangan offset DC dan impendansi keluaran  yang sangat  rendah, karena setiap komponen yang digunakan pada Power 180 sudah dipilih dan di
    matching satu persatu sebelum disolder di PCB

Power 180 memiliki tegangan dan frekuensi keluaran yang sangat stabil sehingga jika anda menggunakan turntable dengan motor asinkron,   maka rpm dari turntable tsb akan menjadi sangat stabil dan tidak berubah ubah seperti ketika anda menggunakan listrik langsung dari PLN, karena listrik dari PLN memiliki tegangan dan frekuensi yang cenderung berubah ubah.


Power 180 Vs UPS

Power 180 tidak bekerja dengan prinsip switching yang menghasilkan banyak noise seperti  UPS dan menyebabkan suara pada sound system yang menggunakan UPS menjadi tidak detail dan cendurung tajam, akan tetapi Power 180 bekerja dengan prinsip linear amplifier dan memiliki noise yang sangat rendah, sehingga membuat suara dari sound system menjadi detail, stereo image dan depht menjadi lebih presisi.

Power 180 Vs Isolation Tranformer

Power 180 tidak menggunakan transformer seperti isolation transformer ataupun juga UPS, sehingga impedansi output dari isolation transformer ataupun UPS menjadi tinggi dan menghasilkan suara yang tidak bertenaga (terutama pada daerah bass), sebaliknya Power 180 membuat suara bass yang loyo menjadi lebih bertenaga karena impedansi  output yang rendah.

Power 180 Vs Power Distributor

Power 180 bukanlah sekedar power distributor  yang hanya membagi percabangan listrik dan tidak memberikan hal positif pada sound system, akan tetapi Power 180 adalah Power generator yang menghasilkan listrik bersih berkualitas tinggi dan berimpedansi keluaran rendah.

Power 180 Vs Power Conditioner

Power 180 bukanlah sekedar power conditioner yang manfaatnya tidak pasti dan lebih banyak mubazirnya, karena power conditioner umumnya tersusun atas inductor dan kapasitor seperti halnya rangkaian crossover dalam sebuah speaker.
Rangkaian crossover dalam sebuah speaker harus dirancang secara spesifik untuk system  speaker tertentu dan driver tertentu, kalau rangkaian crossover yang sudah cocok dengan system speaker tertentu dipindahkan ke system speaker lain dengan ukuran kotak berbeda dan driver yang berbeda pastilah speaker tersebut akan bersuara buruk. Hal ini dikarenakan system pasif dengan induktor dan kapasitor seperti pada crossover hanyalah bisa match dengan impedansi speaker terntentu. Sama halnya pula dengan power conditioner, sebenarnya  sebuah power conditioner berbasis induktor dan kapasitor hanya bisa bekerja dengan baik pada beban listrik dengan nilai tertentu, kalau bebannya kebesaran atau kekecilan maka fungi filtrasi pada power conditioner tidak akan bisa berjalan dengan baik, dan pada kenyataanya ketika power conditioner sudah dihubungkan dengan beban adalah sangat kecil kemungkinannya bagi power conditioner tsb untuk bertemu dengan beban yang cocok dengan beban yang diperhitungkan ketika power conditioner itu dirancang, sehingga saya berani mengatakan bahwa pemakaian power conditioner mendekati 100% tidak ada manfaatnya.
Power 180 bisa bekerja dengan baik tanpa terpengaruh berapa beban listrik yang terhubung selama total daya listriknya tidak lebih dari 180 watt.


Spesifikasi umum dari Power 180 :

Daya Keluaran          : 180 watt ( direkomendasikan untuk CD, Preamp dan DAC, tidak untuk power amplifier)
Berat                       : 15kg
Terminal Keluaran     : 4 IEC
Dimensi                    : PxLxT  39x 33x22 cm

Pada gambar berikut ini adalah bentuk gelombang keluaran dari Power 180 saya potret ketika Power 180 sedang mendrive beban CD Player dan Integrated Power, terlihat bahwa bentuk gelombang keluaran dari Power 180 sangat mulus tidak ada distorsi,

waveform Power180
Bentuk Gelombang Power 180 yang berupa sinus murni

Pada gambar berikut bisa anda lihat bentuk gelombang listrik PLN yang sudah terdistorsi sehingga sudah mendekati bentuk trapesium daripada sinus murni.
Pada bagian atas gelombang PLN ini terlihat bagian mendatar yang kadang disebut flattoping, bagian mendatar ini kalau diurai dengan analisa Fourier akan menghasilkan gelombang persegi dengan frekuensi sekitar 150Hz, frekuensi ini banyak disebabkan oleh semakin banyaknya beban yang bersifat kapasitif dalam pemakaian listrik sehari hari, sebagai  contoh power supply computer, lampu hemat energy, dll


waveform PLN
Bentuk gelombang listrik PLN yang  berdistorsi tinggi



assembler

Bahasa Asembler untuk microprocessor agar didapat timing yang akurat



Powe 180 Side



Power 180 rear


Listening Test :

1. Power 180, Meridian G68J Processor, Denon DVP3910, BAT VK6200

2. Power 180, Yaqin CD Player, Visaton 3way

3. Power 180, Apple Mac Mini, Avant Garde Duo

4. Power 180, JBL L300 SUMMIT, Mark Levinson No. 6B

5. Power 180, Musical Fidelity, KEF, Acoustic Energy

6. Power 180, Ayon, Tubelover & Lowther

7. Power 180, Apple Mac Mini, TASCAM, Classe, Dunlavy


Ke Power 180

Kembali ke halaman utama