www.SAP.or.id



Zero Crossing Contact


Kembali ke Active Fuse


Listrik PLN pada dasarnya adalah listrik  AC ( Alternating Current) atau dalam bahasa Indonesia nya disebut listrik bolak balik. Disebut bolak balik karena nilainya selalu berubah ubah mengikuti pola gelombang sinus seperti yang dapat dilihat  pada gambar grafik listrik PLN berikut ini.


ZCC


Setiap siklus dari listrik PLN selalu dimulai dari nilai nol, kemudian menuju nilai puncak pertama yang disebut sebagai positif peak, balik lagi ke nilai nol, lalu menuju ke puncak kedua yang disebut sebagai negatif peak, dan pada ahirnya kembali lagi ke nilai nol
Siklus ini berlangsung terus menerus, untuk negara yg frekuensi listrik nya 50Hz, maka sikus ini berlangsung sebanyak 50 kali tiap detik, dan untuk negara yg frekuensi listriknya 60Hz maka siklus ini berlangsung sebanyak 60 kali tiap detik.
Di dunia ini pada dasarnya hanya ada dua jenis frekuensi listrik yaitu 50Hz dan 60Hz.

Ketika peralatan audio dinyalakan  secara manual maka nilai dari pada tegangan listrik bisa berada pada berbagai kemungkinan posisi pada grafik listrik PLN.
Timing yg paling diinginkan ketika peralatan audio dinyalakan adalah ketika nilai dari tegangan listrik PLN berada pada nilai nol, karena  ketika peralatan dinyalakan pada posisi ini maka arus start akan minimum atau mendekati nol dan MCB di rumah kita tidak akan turun.
Sebaliknya  jika  peralatan dinyalakan ketika listrik PLN  berada pada posisi  Peak, baik pada Postive Peak ataupun Negative Peak, maka arus start akan  memiliki nilai maksimum,  dan apabila peralatan anda memiliki daya besar, maka ada kemungkinan MCB di rumah anda akan turun.

Active Fuse bekerja dengan prinsip Zero Crossing Contact. Ketika baru dinyalakan Active Fuse tidak langsung menghubungkan  listrik PLN ke peralatan, akan tetapi memonitor terlebih dahulu apakah  nilai  grafik listrik  PLN sedang berada pada titik nol,   jika sudah sudah berada pada titik nol maka barulah listrik dari PLN disambungkan ke peralatan, sehingga MCB pada rumah tidak akan turun.